Informasi

Pembangunan Irigasi di Pematang Ganjang Hampir Kelar, Ratusan Hektar Sawah Petani Tak Lagi Kesulitan Air

Sei Rampah – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai hampir selesai membangun Daerah Irigasi Pematang Ganjang di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah pada tahun 2022 ini. Dampaknya, ratusan hektar sawah petani tak lagi kesulitan mendapatkan air.
Kepala Desa Pematang Ganjang Sugiono mengaku bahwa selama ini kelompok tani kesulitan memperoleh air untuk mengairi sawah mereka yang berjumlah kurang lebih 700 hektar.
“Alhamdulillah, pembangunan irigasi ini akan membuat petani kami tidak lagi kesulitan mengairi sawahnya. Selama ini, irigasi nya hanya bendungan tanah yang jika musim penghujan, sedimen akan naik sehingga air sulit diperoleh hingga ke tengah persawahan, ” Ungkapnya, Jumat (1/7/2022)
Pembangunan irigasi ini membuat petani berkecukupan mendapatkan air. “Kalo udah banjir, ada yang jebol irigasi nya, belum lagi ditumbuhi rumput jadi banyak sampah dan sedimen naik, “jelasnya.
Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Serdang Bedagai yang selalu memperhatikan desanya khususnya petani.
“Terimakasih Pemkab karena selalu memperhatikan desa Pematang Ganjang. Petani selama ini kesulitan mendapatkan air karena bentengnya sering runtuh jika hujan. Namun setelah di cor beton ini, petani akan lebih mudah mendapatkan air,” Tambahnya.
Ia pun mengakui hasil kerja Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya dan Adlin Tambunan yang belum sampai 2 tahun menjabat sudah melakukan pembangunan yang pro rakyat.
“Walau belum 2 tahun namun kami sudah merasakan poembangunan yang dilakukan. Udah lama meningan ini diajukan namun gak juga dibangun, sejak puluhan tahun. Untuk itu saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada pak Bupati dan pak Wakil Bupati, “ucapnya.
Sebelumnya Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan terlihat memantau jalannya pembangunan leningan (irigasi) di Desa Pematang Ganjang.
“Peningkatan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah akan dibangun sepanjang 1.203 meter dengan pintu irigasi sebanyak 14 unit, ” Ucapnya.
Didampingi Kadis PUPR Johan Sinaga, Adlin mengaku anggaran pembangunan irigasi ini berasal dari Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2022. (tri)

What's your reaction?

Happy
1
In Love
1
Not Sure
1

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *